Cara Memelihara Ikan Koi Agar Tidak Mati

Cara Memelihara Ikan Koi Agar Tidak Mati

Cara memelihara ikan koi agar tidak mati sangat penting bagi Anda yang menjadikan ikan koi sebagai ladang bisnis. Ikan koi yang diketahui berasal dari China memang memiliki corak yang sangat indah. Maka tak heran bila banyak orang yang menyukainya dan tertarik untuk memeliharanya. Akibat naiknya permintaan masyarakat akan ikan koi, secara tidak langsung jumlah supllier ikan koi juga semakin meningkat. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya orang yang mulai terjun ke pembudidayaan ikan koi.

Budidaya Ikan Koi

Ikan koi yang memiliki garis rapi di kedua sisi. Kebanyakan ikan koi dibeli untuk dipelihara dan dirawat serta dijadikan pajangan demi memperindah pemandangan di sebuah ruangan. Hal ini membuat cukup wajar jika sampai sekarang ini harga ikan koi bisa dibilang cukup tinggi. Apalagi ikan koi sendiri dinilai memiliki nilai seni yang sangat tinggi sehingga layak untuk dibanderol dengan harga yang relatif mahal. Oleh sebab itu bila Anda ingin melakukan budidaya ikan koi usahakan untuk memahami cara membudidayakan ikan hias air tawar tersebut dengan tepat. Semakin tepat langkah perawatan maka pertumbuhan ikan koi akan semakin baik dan nilai jualnya akan semakin tinggi.

Kolam Ikan Koi

Sebelum memelihara ikan koi sebaiknya siapkan akuarium atau kolam sebagai tempat hidup ikan hias tersebut. Sebenarnya tempat hidup untuk ikan koi lebih baik jika menggunakan kolam. Sebab pada dasarnya koi merupakan jenis ikan yang membutuhkan ruang gerak yang cukup luas. Hal ini membanu menghindari resiko kematian ikan koi pada proses budidayanya.

Adapun secara umum kolam merupakan tempat yang lebih tepat untuk ikan koi bila dibandingkan dengan akuarium. Namun hal ini bisa disiasati dengan menggunakan akuarium yang berukuran cukup besar atau luas supaya memberikan keleluasaan yang cukup untuk ikan yang ada di dalamnya. Pembuatan tempat hidup ikan koi ini harus dilakukan dengan tepat dan sebaiknya tidak dilakukan sembarangan. Jika sebelumnya Anda telah memiliki akuarium atau kolam maka kini saatnya bagi Anda untuk memanfaatkannya.

Air yang digunakan untuk mengisi akuarium atau kolam harus berupa air jernih. Selain itu usahakan bebas dari segala macam zat kimia dan memiliki ph ideal yaitu ph 7. Untuk kualitas air yang lebih baik juga bisa menggunakan filter sehingga air akan selalu bersih. Filter yang digunakan sebaiknya berlapis-lapis sehingga dapat menyaring segala macam kotoran ataupun bakteri.

Kualitas Bibit Ikan Koi

Jika tempat hidup ikan telah tersedia maka selanjutnya yaitu memilih bibit yang berkualitas, baik ikan koi lokal maupun ikan koi impor. Jenis ikan koi yang akan dibeli bergantung pada selera Anda. Jika Anda adalah seorang pemula maka sebaiknya pilih ikan koi yang memiliki ukuran kurang lebih 10 cm. Koi dengan ukuran panjang tersebut cenderung lebih mudah untuk dirawat dan dibanderol dengan harga yang lebih murah. Selain itu ikan koi yang dirawat sejak muda bisa beradaptasi dengan lebih mudah.

Secara umum itulah beberapa cara memelihara ikan koi agar tidak mati. Sebaiknya pilihlah ikan koi yang bergerak secara aktif dan responsif terhadap makanan yang diberikan. Kondisi koi yang demikian menandakan bahwa koi tersebut merupakan ikan yang sehat. Merawat ikan yang sehat umumnya jauh lebih mudah daripada merawat ikan yang sejak awal kurang sehat kondisinya. Sehingga nantinya harga jual ikan koi yang dibudidayakan tetap tinggi dan optimal.

Author Image
Nick Raphael

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *