Briket Cangkang Sawit

Briket Cangkang Sawit

Briket cangkang sawit sekarang ini semakin banyak dikenal oleh masyarakat. Termasuk pula berbagai macam kegunaannya sehingga briket ini semakin sering dimanfaatkan oleh masyarakat. Bahkan penggunaan briket ini tidak hanya terbatas pada masyarakat dalam negeri saja tetapi juga di kalangan masyarakat mancanegara. Briket dibuat dari cangkang sawit yang dibuat dengan cara cangkang dihaluskan terlebih dahulu. Kemudian cangkang yang telah halus ini dicampur dengan tepung kanji. Lalu campuran antara cangkang halus dan tepung kanji tersebut dbentuk di dalam cetakan khusus. Jika proses pembuatan briket ini berjalan dengan langkah yang tepat maka hasil briket tentu akan memiliki kualitas yang sangat baik. Briket berkualitas dapat dimanfaatkan untuk keperluan apa saja termasuk sebagai sumber energi alternatif. Di samping kualitas yang baik rupanya briket cangkang sawit juga memiliki keunggulan sehingga seringkali menjadi pilihan bagi kebanyakan orang.

Keunggulan Briket Cangkang Sawit

Ada beberapa keunggulan briket cangkang sawit yang dapat dimanfaatkan, misalnya yaitu berikut ini.

Lebih ekonomis

Keunggulan pertama dari briket arang cangkang sawit adalah biayanya yang lebih murah. Tentu saja hal ini akan membuat pengeluaran Anda menjadi lebih hemat. Terlebih lagi jika Anda memiliki perusahaan dan menggunakan briket ini sebagai bahan baku pendukung. Dengan menggunakan briket cangkang sawit maka biaya produksi perusahaan bisa diminimalkan. Harga briket cangkang sawit memang lebih ekonomis namun briket ini bisa memberikan khasiat terbaik karena kualitasnya yang tidak perlu diragukan lagi.

Ramah lingkungan

Penggunaan briket juga dinilai bersifat ramah lingkungan. Sebab pada dasarnya briket cangkang sawit ini memiliki kadur abu dengan jumlah yang sangat minim yaitu hanya sekitar 2-3% saja. Tentu saja penggunaannya tidak akan menimbulkan sisa pembakaran berupa abu sehingga tidak akan timbul polusi udara. Penggunaan briket tidak akan menambah polusi sehingga tidak berbahaya bagi kondisi sekitar. Selain itu cangkang sawit atau Palm Kernel Shell juga memiliki kandungan lainnya yang bersifat ramah linkungan. Seperti misalnya adanya kandungan air yang lembab yaitu sebesar 7-8%. Dan juga kadar penguapan cangkang sawit bisa dikategorikan cukup tinggi yaitu 69-70%. Semua kandungan tersebut pada akhirnya membuat briket cangkang sawit layak untuk diperhitungkan dalam menjadi bahan bakar.

Tingkat panas stabil

Briket arang cangkang sawit juga memiliki keunggulan lain yaitu menghasilkan panas yang tergolong tinggi. Bahkan panas yang dihasilkan oleh briket ini cenderung bersifat stabil dan juga kontinyu. Briket arang juga dapat menghasilkan panas yang maksimal sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan bakar. Oleh karena itu kini penggunaan briket semakin banyak dan merebak. Semua ini tidak lain karena kualitas briket yang bisa dikatakan terbaik dan tidak mengecewakan.

Pemanfaatan Briket Cangkang Sawit

Briket cangkang sawit mungkin memang berasal dari limbah kelapa sawit. Namun pada akhirnya limbah tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik yaitu setelah menjadi briket arang. Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh briket arang tampaknya membuatnya semakin banyak dimanfaatkan oleh perusahaan besar sebagai sumber energi. Pemanfaatan briket yang berasal dari limbah kelapa sawit ini kini semakin banyak dilakukan oleh masyarakat. Terlebih lagi oleh masyarakat yang paham benar mengenai pentingnya sumber daya alam yang bersifat ramah lingkungan. Memang cangkang sawit atau Palm Kernel Shell selama ini dikenal sebagai solusi dari adanya keterbatasan sumber energi. Palm Kernel Shell yang berkualitas dan sangat kaya akan manfaat ini bisa menjadi bahan alam yang sangat membantu Anda.

Author Image
Nick Raphael

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *